Menag RI. Dr..H.Suryadharma Ali M.Si : Dengan Diresmikan Gedung Baru UIN SGD Diharapkan Menjadi World Class University

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI)  Dr.H.Suryadharma Ali M..Si mengemukakan gedung adalah sarana untuk proses belajar mengajar,tetapi dengan gedung yang baik maka proses belajar mengajar harus lebih baik,dengan demikian ,lembaga pendidikan tinggi agama Islam ini melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas tinggi.Untuk itu alangkah baiknya kita menancapkan tekad yang tinggi untuk menjadikan perguruan tinggi agama Islam negeri khususnya menjadi pusat –pusat peradaban Islam. Hal tersebut dikemukakan ketika meresmikan 11 gedung baru  dilingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung senilai Rp 280 miliar bantuan dananya  pinjaman lunak  diperoleh dari Islamic Development Bank (IDB) serta membuka secara resmi Rapat Kerja UIN SGD Bandung Taun 2014 yang pada kesempatan tersebut dihadiri pula Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Ir.H.Djan Faridz serta rektor UIN SGD Bandung  Prof.Dr.H.Deddy Ismattulah,SH,M.Hum berlangsung  Rabu 26 Maret 2014 di Gedung  auditorium utama Jl.A.H.Nasution No.105 Bandung.

“  Kita sering menyebutkan bahwa perguruan tinggi agama Islam itu merupakan pusat kajian agama Islam,tetapi kita tingkatkan menjadi pusat peradaban baru dunia  Islam,ini tentu akan menjadi sesuatu yang sangat berharga di masa yang akan  datang.. “ Pada kesempatan sekarang pemimpin dunia, serta banyak masarakat dunia mencari rujukan, kemanakah rujukannya yang paling tepat..Sejumlah negara telah menentukan Indonesia sebagai rujukan yang terbaik dibandingkan dengan Timur Tengah.”.ujar Suryadharma Ali seperti diberitakan Koran Giwangkara.

Suryadharma Ali menjelaskan   mengapa Timur Tengah tidak lagi menjadi rujukan,karena di Timur Tengah itu beraneka ragam madzhab politiknya,beraneka ragam tipe atau warna dari Islam disana. Ada Islam yang lembut,ada islam yang radikal,ada islam yang mengabaikan kondisi lokal dimana Islam itu berada . Itu merupakan potret dari Timur Tengah . Oleh karena itu beberapa fakta di Timur Tengah Betapa umat Islam disana dalam kondisi yang tidak sejuk.

Oleh sebab itu  Suryadharma Ali  minta  agar  UIN harus  dijadikan sebagai tempat mengkaji tantangan masalah-masalah tersebut,dengan demikian UIN tidak saja mendalami prodi-prodi agama tetapi juga ilmu agama non agama.Sesungguhnya sumbernya adalah sama yaitu dari Allah SWT.

 “ Kementerian Agama RI  terus memacu semangat  para rektornya  untuk terus memperbaiki wajah akademik dari perguruan tinggi agama Islam.. Juga menantang para rektornya  untuk membuat perencanaan menjadikan Peguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia menjadi Word Clas Universty”.ujarny. Selain itu,lanjut Suryadharma Ali   sudah mencanangkan.memang tidak sekaligus harus secara bertahap,sudah mencanangkan,memprogramkan yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Malang .Oleh karenanya tidak tertutup kemungkinan bagi UIN SGD Bandung untuk mempersiapkan diri  serta diharapkan  untuk menjadi Word Class Universty..

 “ Kesempatan ini  adalah forum yang tepat,karena pada saat ini UIN Bandung akan melakukan Rapat Kerja silahkan bicarakan. Dengan demikian ayo kita potret apa kekurangan-kekurangan dari Universitas ini.Kita potret secara jujur,yang kurang katakana kurang,kalau lebih kita tingkatkan . Yang kurang harus diperbaiki. “ Untuk menjadikan World Clas Universty tidak mungkin dalam lima tahun,mungkin diperlukan lima belas tahun.mungkin 20 atau 25 tahun.Tetapi kita harus memulainya dari sekarang “.tegasnya.(Suherman.S).-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>