Dr.H.Didin Wahidin,M.Pd : Bedanya Sarjana Asli dan Bodong

Sarjana itu bisa dipandang dari  dua  produknya apakah dia betul sarjana,kemudian izahahnya diperoleh dari lembaga yang memiliki izin dari pemerintah atau terakreditasi. Jadi produknya seperti itu, ada ijazahnya yang dikeluarkan oleh lembaga yang syah. Pendapat tersebut dikemukan rektor Uninus Dr.H.Didin Wahidin M.Pd waktu ditanya mengenai bedanya sarjana asli dan bodong baru-baru ini agar diketahui masarakat mengingat akhir-akhir ini  maraknya kasus ditemui adanya sarjana bodong.

Menurut Didin seperti diberitakan Koran Giwangkara  disebut bodong itu artinya dikeluarkan oleh yang tidak syah juga prosesnya memang ada ijazah yang asli dikeluarkan oleh lembaga yang memang berizin juga tetapi melalui proses yang tidak bagus,misalnya ada yang tiba-tiba membeli dari sebuah lembaga tetapi  ketika  perkuliahannya  tidak  melaksanakan  sesuai dengan  kaidah-kaidah akademik yang berlaku di negara ini yakni  pokok pokok akademik  perkuliahnanya  itu harus berjalan terus setiap semester ada program  SKS  ,kemudian ketika dihimpun ada sejumlah SKS nya  melalui proses yang benar.” Sementara  itu yang dimaksud tidak benar,mungkin  macam macam ,kuliahnya tanpa SKS hanya dilaksanakan satu kali terus lulus,ada yang hanya wisuda saja,yang seperti itu ijazahnya disebut ijazah bodong,izajah yang tidak diperoleh dengan cara-cara yang tidak   benar, jadi  dua hal itu produknya. “ Atau Mungkin memang bodong,palsu dikeluarkan oleh lembaga tidak berizin juga oleh lembaga berizin tetapi tidak sesuai dengan kaidah-kaidah yang semestinya ditempuh untuk memperoleh  gelar kersarjanaannya “.Ujar Didin.(Suherman.S).-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>